
Federal-Mogul
Perbedaan desain ring oli LKZ Federal-Mogul kanan dengan versi konvensional kiri. Hanya pada permukaan kontak dengan dinding silinder yang berbeda!
Di dalam jeroan mesin, komponen yang tidak kalah penting menentukan performa mesin adalah ring piston yang terdiri dari ring kompresi (paling atas), ring oli (paling bawah) dan ring wiper atau pembantu ring kompresi (tengah atau nomor dua).
Ring oli, merupakan bagian yang menentukan mesin rakus terhadap oli atau tidak. Bentuk khusus dan terdiri dari dua bagian. Nah, ring ini mendapat perhatian khusus dari produsen piston terkenal di dunia, Federal-Mogul Corporation. Terutama aplikasi ring tersebut untuk mesin bensin moderen, sistem injeksi langsung. Sebelumnya, konsep ring ini digunakan Federal-Mogul pada mesin diesel.
Dengan paten LKZ - menurut Federal-Mogul – ring tersebut dapat mengurangi konsumsi oli sampai 50 persen dan menurunkan gesekan 15 persen dibandingkan ring oli konvensional yang terdiri dua bagian. Alhasil, ring ini juga mengirit konsumsi bahan bakar dan mengurangi emisi CO2 dan umur pakai yang lebih lama.
Permukaan Berjenjang
Tipikal ring piston baru ini menggunakan tekanan yang sama pada diameter silinder saat menuju titik mati bawah (TMB) dan ke titik mati atas (TMA). Ring ini mengombinasikan permukaan berjenjang dan tirus pada bagian kontaknya. Hasilnya, ketika munju TMB menghasilkan tekanan yang besar dan akan berkurang saat kembali Ke TMB.
Tekanan ring saat piston ke TMB lebih efektif untuk mengembalikan oli yang melumasi silinder ke bak oli. Sebaliknya, saat menuju TMA, bisa mencegah oli masuk ke ruang bakar.
“Ring LKZ, tidak seperti ring konvensional, konsumsi oli mesin tetap rendah selama berfungsi|,” kata Johannes Esser, Director of Engineering, Rings and Liners Federal Mogul.
Jenis ring piston lain yang ditawarkan Federal-Mogul, permukaan dilapisi dengan berbagai material, antara lain krom, disebut chrome ceramic coanting (CKS). Juga ada ring dengan lapisan Goetzwe diamond coating (GDC) yang melindungi ring dari keasuan dan ring berlapis diamond-like carbon (DLC) untuk memperkecil gesekan.
0 komentar:
Posting Komentar